Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Thursday, September 15, 2011

Ciri Seorang Muslim Tidak Mengganggu Orang Lain


A.     Pendahuluan
Syahadat merupakan gerbang seseorang untuk memasuhi sebuah agama tauhid (baca: Islam), dan seseorang yang masuk ke dalamnya dinamakan seorang muslim. Keislamaan seseorang tidak hanya cukup dengan membaca syahadat, akan tetapi harus ada realisasi dan aplikasi dalam kehidupan sehari, karena iman itu bukan hanya hati dan ucapan, tapi juga ada realisasi dan aplikasi darinya.
Ajaran Islam bukan hanya seputar shalat dan berdo’a kepada Allah swt. sebagai khalik semua makhluk (hablu min Allah), tapi lebih daripada itu, Islam mengajarkan juga untuk bersosialiasi dengan dengan makhluk sesamanya (hablu min an-Nas), bahkan juga hubungan dengan lingkungannya (hablu min al-Biah).
Di bawah ini sebuah hadits yang merupakan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam yang ada hubungannya dengan sesama manusia.

B.     Hadits tentang Ciri Seorang Muslim tidak Mengganggu Orang Lain
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اَلْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، الَمُهَاجِرُ مَنْ هَاجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ.
(رواه البخارى وأبو داود والنسائى)
Abdullah bin Umar ra. berkata, bahwa Nabi saw. telah bersabda, seorang muslim adalah orang yang menyebabkan orang-orang Islam (yang lain) selamat dari Lisan dan tangannya dan orang yang hijrah adalah orang yang hijrah dari apa yang telah dilarang Allah swt.”
(H.R. Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i)
Selengkapnya silahkan download di sini

No comments:

Post a Comment