Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Thursday, September 15, 2011

Hadits tentang Zuhud



Salah satu tugas manusia di dunia adalah melakukan ibadah kepada Allah swt. Tugas ibadah ini merupakan sarana untuk mencapai ridla Allah swt. Keridlaan ini akan mengantarkan seseorang kepada kehidupan yang dipenuhi dengan kenikmatan kelak di alam akhirat, yaitu surga. Sebaliknya, jika tugas ibadah ini tidak dilaksanakan oleh manusia maka akan membuahkan murka Allah swt., dan kemurkaan ini akan mengantarkan manusia kepada kesusahan dan kesengsaraan di akhirat nanti; dimasukkan ke dalam azabnya (neraka).
Pemahaman ibadah tidak boleh dipahami dengan secara sempit, hanya terbatas pada ibadah-ibadah yang bersifat ritual, seperti shalat, zakat, puasa dan sebagainya. Akan tetapi, ibadah harus dipahami secara luas, yakni dalam, segala bentuk perilaku manusia terdapat nilai ibadah jika perilaku tersebut didasari oleh nilai-nilai yang dikehendaki oleh agama.
Zuhud merupakan salah satu bentuk perilaku ibadah yang diajarkan oleh agama, baik melalui al-Quran maupun melalui sunah Nabi saw. (al-Hadits). Orang yang memiliki sifat zuhud, kehidupannya diwarnai dengan kesahajaan dan kesederhanaan, menjauhkan sikap rakus, tamak dan bakhil. Kesederhanaan ini digambarkan dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya, makan. Orang yang zuhud senantiasa mengedepankan qanaah dan menjauhkan sikap rakus dalam hal makanan. Makan hanya dilakukan sebatas untuk memberikan kekuatan dalam melaksanakan ibadah kepada Allah swt. Silahkan dowload selengkapnya!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment