Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Thursday, September 15, 2011

Realisasi Iman dalam Menghadapi Tamu


A.     Pendahuluan
Sikap hormat menghormati bagi seorang muslim merupakan sebuah realisasi dari iman yang dimilikinya. Keimanan tidak akan berkembang dan meningkat kualitasnya tanpa adanya aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aplikasi dari nilai iman yang terdapat dalam setiap jiwa orang yang beriman adalah sikap hormat dan memuliakan tamu.
Tamu adalah setiap orang yang datang dan berkunjung ke rumah. Sikap memuliakan tamu bukan merupakan rukun iman, akan tetapi ajaran yang ada hubungannya dengan keimanan, dan merupakan salah satu di antara sikap yang dapat menambah kualitas dan kesempurnaan seseorang.
Dengan demikian, merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang yang menginginkan kualitas imannya bertambah untuk dapat memuliakan setiap orang termasuk tamu. Keharusan memuliakan tamu ini merupakan salah satu ajaran Rasul yang diterangkan dalam sabda-Nya.

B.     Teks dan Terjemah Hadits
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُحْسِنْ إِلَى جَارِهِ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ. (أخرجه الشيخان وابن ماجه)
Abu Hurairah ra., ia berkata bahwasa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya; Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berbuat baik terhadap tetangganya; dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berbicara yang baik atau hendaklah ia diam." (HR. Bukhari [6019])

selengkapnya silahkan download di sini

No comments:

Post a Comment