Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Terima Kasih Atas Kunjungan dan comentnya

Thursday, September 15, 2011

Perbedaan Makan Muslim dan Non Muslim


A.         Pendahuluan
Pemaknaan sekaligus pemahaman atas hadits merupakan problematika tersendiri dalam diskursus hadits. Pemaknaan hadits ditentukan tehadap hadits yang telah jelas validitasnya minimal hadits tersebut dikategorikan hasan. Pemahaman hadits merupakan sebuah usaha untuk  memahami matan Al-Hadits dengan tepat serta mempertimbangkan faktor-faktor yang berkaitan dengannya.Indikasi-indikasi yang meliputi matn hadits akan memberikan kejelasan dalam pemaknaan hadits apakah akan dimaknai secara tekstual ataukah kontekstual dan apakah suatu hadits termasuk kategori universal, temporal atau lokal.
Rasulullah SAW  memiliki cara-cara tersendiri dalam menyampaikan hadits, adakalanya Ia menyampaikan dengan bahasa yang tegas, tak jarang juga ia menyampaikan dengan bahasa yang sarat akan makna, dengan bahasa yang penuh dengan kiasan dan inilah yang disebut majaz.
Dalam kaitannya dengan adanya majaz dalam hadits, para ulama’ (ulama muhaddits) telah menyusun berbagai macam cara dan atau ilmu bagaimana seharusnya hadits-hadits yang memakai kiasan tersebut dipahami, Methode apa saja yang dipakai dalam memahami hadits-hadits tersebut diataranya adalah adanya ilm Majaz Al hadits.
Dalam makalah ini, penulis sedikit ingin ikut berkecimpung dalam membahas salah satu hadits dari beberapa hadits nabi yang disampaikanNya dengan kiasan, yakni “Usus mukmin berbeda dengan usus kafir”. Dalam penulisan makalah ini penulis menyertakan beberpa methode dan perbedaan antara makna hakiki dengan makna majazi serta beberapa aspek yang terkait dengannya.
 Boleh didownload selengkapnya!

No comments:

Post a Comment